Bahan Galvalume dan Galvanise dipergunakan untuk membedakan jenis lapisan finishing atau coating pada bahan rangka besi hollow dan bahan rangka atap baja ringan.

  • Galvalume merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsur Aluminium dan Zinc atau disebut Zinc-Alume. Untuk bahan Galvalume yang paling baik terdiri dari 55% unsur coatingnya Aluminium, 43.5%, unsur seng/zink dan 1.5% unsur silikon.
  • Galvanise merupakan sebutan untuk pelapisan finishing yang terdiri dari 98% unsur coanting seng/zink dan 2% lapisan unsur Aluminium.

Beberapa produsen rangka besi hollow dan rangka atap baja ringan yang menggunakan bahan galvalume dan bahan galvanise, mengklaim bahwa ketebalan pelapisan coatingnya sama, ternyata yang beredar di pasaran sangat berbeda dan ini sangat merugikan konsumen.

Bahan Galvalume memiliki ketahanan lebih baik terhadap karat dibandingkan bahan Galvanise atau bahan besi biasa. Untuk menghindari karat pada bahan Galvanise, lapisan coating harus lebih tebal dan kelemahannya pada bahan Galvanise saat dipotong atau tergesek pada permukaannya atau di sekrup, akan menimbulkan korosi dan karatan, ini sangat kurang baik bila dipergunakan untuk bahan material rangka hollow atau rangka atap baja ringan dan pagar.
Seperti juga produk material lainnya, dipasaran beredar berbagai macam kelas material, pilihlah rangka hollow dan rangka atap baja ringan dengan mutu material prima yang sudah teruji dilapangan dan bersertifikat Standard Nasional Indonesia ( SNI ).




Besi hollow galvalume SNI yang terbuat dari bahan Zinc-Alum SNI, bermutu tinggi dengan kualitas bahan pilihan yang sangat kuat terhadap perubahan cuaca, tahan akan kropos atau korosi, anti karat, bebas dari rayap, serangga, kutu, binatang pengerat dan tidak perlu di cat ulang serta bebas perawatan.
Besi hollow galvalume SNI banyak dipergunakan untuk pemasangan rangka plafond dan rangka dinding partisi yang lebih mementingkan kekuatan dan ketahanan bangunan. Karena alasan itulah kami menggunakan rangka besi hollow galvalume sebagai salah satu standar di dalam melakukan pembangunan.

Demikianlah artikel kali ini mengenai perbedaan hollow galvalume dengan hollow galvaniise, semoga bermanfaat.

Save

Save